-Tegangan
Line
Tegangan
line adalah tegangan atau catu daya yang mensupply suatu alat/pesawat agar alat
tsb dapat berfungsi. Tegangan Line dapat berupa tegangan AC maupun DC. Tegangan
Line AC pada umunya diperoleh dari tegangan PLN ·
- Line Voltage Compensator.
Line
Voltage Compensator (LVC) sering disebut juga Line Selector. LVC ini berada
pada rangkaian awal dari power supply sebuah pesawat rontgen. Tujuan LVC ini
adalah mengatur agar tegangan yang masuk ke pesawat Rontgen sesuai dengan
tegangan yang dibutuhkan oleh pesawat itu sendiri. Kadang tegangan supply yang
dari PLN nilainya dapat kurang atau lebih dari standar, maka LVC ini
mengaturnya agar sesuai yang akan dikomsumsi pesawat tsb. Line Selector pada
umumnya diatur secara manual oleh operatornya ·
- Auto Trafo (Automatic Transformer)
.
Auto trafo bentuknya hampir sama dengan biasa, namun pada trafo ini jarang
dijumpai adanya lilitan primer maupun sekundernya yang terpisah, lilitannya
hanya lilitan tunggal yang terlilit pada inti besi, namun terdapat beberapa
terminal pengaturan tegangan output. ·
- Transformator.
Transformtor
biasanya orang menyingkatnya dengan kata trafo, gunannya adalah untuk menaikkan
atau menurunkan tegangan AC. Pada hakekatnya trafo terdiri dari teras atau
lempengan besi lunak yang disusun rapat, lilitan primer dan lilitan sekunder.
Lilitan primer adalah gulungan /lilitan kawat tembaga yang dialiri arus /
tegangan yang masuk (input), sedangkan lilitan sekunder adalah gulungan kawat
tembaga yang mempunyai tegangan output setelah inputnya diberi tegangan.
Kenaikkan/penurunan tegangan output sebanding dengan perbandingan jumlah
lilitan pada primer maupn sekunder. ·
- Tabung sinar x
Jenis
tabung x dibedakan 2 jenis yaitu : Tabung rontgen degan anoda putar (Rotating
anode) dan tabung rontgen dengan anoda diam (Stationary anode). Beberapa bagian
yang terdapat pada tabung rontgen antara lain : Katoda, Anoda, Rotor (berada
diluar insert tube), Stator, Target (piring anoda terbuat dari wolfram),
Tangkai Molybdenum, Rumah tabung (tube housing, Expansion diaphragma, Tombol
pengaman (safety switch), Tube windows( jendela tanung), Minyak pemdingin (olie
trafo) ·
- Katoda
.
Merupakan tempat filamen yang terbuat dari kawat tungsten yang mempunyai titik
lebur tinggi. Pada filamen terjadi emisi elektron akibat pemanasan filamen.
Emisi elektron artinya terlepasnya elektron dari atom-atom bahan filamen tersebut
(atom Wolfram) oleh karena panas yang terjadi pada filamen. Banyaknya elektron
bebas dapat terjadi pada permukaan filamen tergantung pada pengaturan tegangan
yang masuk ke filamen diatur melalui pengaturan tahanan (Rheostat). Disamping
mempunyai kutub negatif, filamen juga dilengkapi alat pemusat elektron
(focusing cup) pada ujung filamen. ·
- Anoda
Merupakan
sasaran (target) yang akan ditembaki oleh elektron, dilengkapi dengan bidang
focus (focal spot). Permukaan anoda membentuk sudut dengan kemiringan 45
derajat. Kemiringan ini untuk mendapatkan focus efektif agar sinar x yang
keluar dari tabung dapat terarah. Bahan anoda terbuat dari wolfram/tungsten, dg
nomor atom 74 dan mempunyai titik lebur 3360 derajat Celcius, mempunyai
keuntungan sebagai penghantar panas yang baik. Anoda ini juga
berfungsi/merangkap sebagi kutub positif. · Tube Housing Dinding bagian luar
tabungdisebut rumah tabung ,erbuat dari metal, bagian dalamnya terbuat dari
lapisan timbal (Pb), Fungsi dinding ini agar dapat menekan radiasi yang tidak
dibutuhkan. Rumah tabung juga dilengkapi sambungan kabel tegangan tinggi yaitu
kabel dari HTT. ·
- Tombol (safety switch dan Expansion diaphragma)
Pada
beberapa tabung dilengkapi juga dengan alat pengaman terhadap panas yang berlebihan
yang mungkin terjadi didalam tabung akibat proses pembangkitan sinar x
tersebut. Alat pangaman ini disebut safety switch denganmemmanfaatkan alat
membran yang terdapat pada expansion chamber). ·
- Windows (jendela tabung)
Pada
bagian dimana sinar dapat keluar disebut poet (window) ditutup dngan bahan yang
terbuat dari kaca atau mika/plastik/acrylic yang fungsinya disamping dapat
melewatkan sinar x , juga dapat menahan minyak trafo yang ada didalam tabung
agar tidak dapat keluar.
- Dinding tabung
Dinding
tabung insert ini terbuat dari gelas pyrex yang berfungsi untuk menempatkan
filamen dan target berada didalam ruangan hampa udara. Keadaan hampa udara ini
berfungsi agar elektron didalam tabung dapatdikendalikan, Tabung kaca yang
tinggi kevakumannya ini terendam dalam minyak trfao. Minyak ini berfungsi
sebagai bahan isolasi tegangan tinggi dan juga sebagai pendingin tabung
rontgen.
- Rotor
Berfungsi
agar anoda dapat berputar sampai 8000-9000 rpm. Keuntungan denga anoda putar
antara lain pendinginan dpt lebih sempurna, target elektron dapat
berganti-ganti sehingga bisa awet.
Filter
tabung sinar-X.
Pada
jendela tabung Rontgen ditempatkan / dipasang filter sinar xl. Ada 2 macam
filter, yaitu : a. Inhernt filter dan b. Additional filter.
- Inherent Filter.
Merupakan
bahan-bahan yang dilalui sinar x setelah keluar dari target. Inherent filter
terdiri dari gelas/kaca (tabung sinar x, minyak trafo, acrylic jendela tabung,
seluruhnya setara dengan ketebalan dari 0,5 – 1,0 mm aluminium.
- Additional Filter (filter tambahan).
Untuk
setiap pesawat perlu mendapat tambahan filter yakni 1,5 mm – 2,0 mm ketebalan
aluminium yang gunanya untuk dapat menahan sinar-x yang mempunyai panjang
gelombang tertentu. Untuk itu ada ketentuan-ketentuan (tabel tertentu) didalam
penggunaan filter tambahan ini sesuai dengan besarnya KV yang digunakan. Tabung
Rontgen bila digunakan harus mempergunakan alat yang dapat mengarahkan dan
membatasi lapangan penyinaran berupa collimator yang dapat diatur
besar/kecilnya luas bidang pemaparan.
- Persyaratan tabung sinar-X.
a.
Terbuat dari Metalic dan pada bagian dalamnya dilapisi dengan timah
hitam/timbal sehingga tahan panas terhadap sinar-x (x-ray proof)
b.
Dinding tabung tahan akan goncangan (shock proof)
c.
Harus mempunyai bahan isolasi (minyak trafo) dan tahan terhadap tegangan
tinggi.
d.
Pada tabung terdapat socket yang berhubungan dengan ujung kabel tegangan tinggi
untuk anoda dan katoda.
e.
Mampu menerima panas (Anoda heat storage capacity).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar